Rabu, 09 Agustus 2017

Melakukan Screenshot Dengan Open Source Lightshot


Screen shot (Screen Capture) adalah cara untuk "memotret" sebagian atau seluruhnya pada layar komputer anda . Untuk apa tujuan anda melakukan Screen shot ?
Naah, katakanlah anda sedang mencoba menjelaskan/menunjukkan suatu permasalahan komputer secara visual kepada teman anda, dan anda mencoba untuk menjelaskan apa yang anda lihat di layar, tombol, pesan, atau apa pun, sedangkan anda tidak yakin apakah teman anda akan mudah mengerti atau tidak, pada kenyataannya teman anda mengalami kesulitan memahami apa yang sedang anda deskripsikan. 

Kegunaan lain sari Screenshot adalah untuk membagikan tangkapan pada layar dan anda bisa share ke sosial media seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Blackberry dan lain sebagainya.

Adalah Lightshot sebuah aplikasi Screenshot dari Skillbrain yang ringan dan sangat mudah dioperasikan. Lightshot adalah aplikasi open source yang tentunya gratis,  tersedia untuk OS Windows, Mac dan Ubuntu. 







Pengoperasian Lightshot sangatlah mudah, saat anda ingin menangkap sebagian atau seluruhnya apa yang sedang tayang dilayar komputer atau laptop, anda hanya perlu menekan tombol "Print Screen" pada keyboard anda maka Lightshot akan menampilkan kotak Capture pada layar, kemudian anda hanya perlu mengatur besarnya kotak Capture sesuai dengan kebutuhan.



Maka tertangkaplah gambar yang kita inginkan, jika anda ingin menyimpannya bisa mengcopynya ke aplikasi "Paint" bawaan Windows lalu disimpan deh dengan format .JPG, .BMP, .PNG dan lain lain.

Lightshot dapat anda download disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar